Baru

6/recent/ticker-posts

Gangguan Kesehatan Mental dan Remaja

Ilustrasi gangguan mental


 Oleh : Agil Kurniawan

Mental health atau dalam bahasa Indonesia adalah kesehatan mental adalah kondisis mental seorang individu yang mampu menjalani kehidupan secara normal dalam keadaan apapun. Menurut World Health Organization (WHO) mendefinisikan kesehatan
mental adalah sebagai kemampuan individu dalam mengelola stress, menjalani aktifitas secara normal dan produktif dan berperan baik dalam suatu komunitas/lingkungan masyarakat. Dari pengertian tersebut dapat diambil kesimpulan bahwa jika kesehatan mental sesorang terganggu akan sangat berdampak dalam kehidupan sehari-harinya, saat bergaul maupun saat sedang dengan keluarga. 

Salah satu penelitian yang dilakukan oleh Fransiska Kaligis (2021) yang didukung oleh hasil temuan yang dilakukan Badan Kesehatan Dunia atau WHO mengatakan bahwa 1 dari 4 remaja berusia 16-24 tahun menderita penyakit gangguan kesehatan mental. Data tersebut merupakan data yang menjelaskan bahwa usia yang rentan terhadap gangguan kesehatan mental adalah pada usia remaja umur 16-24 tahun. 

Mengapa remaja umur 16-24 tahun adalah usia rentan terhadap gangguan kesehatan mental? 

Hal ini disebabkan karena usia remaja usia 16-24 tahun adalah usia dimana seorang reamaja memiliki aktifitas lebih atau sedang mencari jati diri sendiri. Bukan hanya itu, pada usia ini banyak remaja yang masih dibangku sekolah maupun perkuliahan memiliki beban tambahan difikiran mereka, mulai dari tugas dari sekolah atau kampus, hingga masalah pergaulan dalam kehidupan sehari-hari mereka, tidak selesai di situ saja, para remaja juga harus dibebankan dengan permasalahan yang ada dikeluarga mereka. 

Apa saja yang menyebabkan gangguan kesehatan mental? 

Banyak hal yang memicu terjadinya gangguan kesehatan mental, mulai dari kebiasaan hidup seseorang yang tidak teratur dan masih banyak hal lainnya lagi, salah satu penyebab atau faktor dari terkenanya gangguan kesehatan mental adalah lingkungan hidup yang tidak sesuai dengan harapan individu, tetangga yang malas bergaul, hingga banyak kebisingan atau polusi yang ada di lingkungan yang ia tempati. 

Lalu bagaimana cara mengatasi gangguan kesehatan mental? 

Sama halnya dengan penyebabnya, cara mengatasi gangguan kesehatan mental adalah mulai dari merubah kebiasaan hidup yang buruk atau juga sering melakukan komunikasi yang baik denga teman sepergaulan dan juga tetanga-tetangga yang ada dirumah. Hal yang terpenting untuk menguragi gangguan kesehatan mental adalah seringlah mendekatkan diri pada tuhan atau melakukan kebiasaan rohani dalam kehidupan sehari-hari. 

Penutup dari kami sebagai penulis adalah jagalah kesehatan jiwa dan ragamu sebelum jiwa dan ragamu merusak kehidupan sosialmu. 

Sedikit pernyataan dari saya “Ujung tombak dari kesehatan itu adalah kesehatan mental”.

"Penulis merupakan Mahasiswa Jurusan Kesehatan Masyarakat Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan UIN Alauddin Makassar, Sekaligus Penerima Program Beasiswa Santri dari Kementerian Agama RI"

Posting Komentar

0 Komentar