Baru

6/recent/ticker-posts

CSSMoRA UINAM Kembali Gelar Festival Santri Nasional 2023

Community of Santri Scholars of Ministry of Religious Affairs (CSSMoRA) UIN Alauddin Makassar untuk kedua kalinya sukses menggelar Festival Santri Nasional setelah berhasil di tahun 2021 lalu.

Festival pada tahun ini diikuti oleh ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Indonesia dalam dua cabang lomba yakni Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) dan English Speech yang telah dibuka pendaftarannya sejak bulan Februari.

Festival ini terdiri dari babak penyisihan dan babak final. Pada babak penyisihan terdapat 94 peserta yang dinyatakan lolos, kemudian dilanjutkan ke babak final sehingga tersisa 14 peserta terdiri dari 6 peserta MTQ, 6 peserta English Speech, serta 2 peserta favorit.

Acara puncak Festival Santri Nasional 2023 dengan tema “Improve Your Skills and Build Islamic Civilization” dibuka secara resmi oleh Kasubdit Pendidikan Pesantren Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren Kementerian Agama RI, Dr. H. Basnang Said, M.Ag pada Sabtu (12/05/2023) di Ruang Rapat Senat Lt. 4 Rektorat Kampus II UIN Alauddin Makassar.

Ia menyampaikan apresiasi yang tinggi dan berharap kegiatan semacam ini dapat merangsang para santri untuk mengembangkan prestasinya, serta bisa termotivasi untuk melanjutkan kuliah di UIN Alauddin nantinya.

Wakil Rektor IV Bidang Kerja Sama dan Pengembangan Lembaga UIN Alauddin Makassar, Dr. H. Kamaluddin Abunawas, M.Ag juga turut mengapresiasi melalui sambutannya bahwa tema yang diangkat dalam festival ini sangat luar biasa dan tepat karena UIN Alauddin Makassar merupakan kampus peradaban.

Untuk membangun peradaban Islam itu tidak semudah yang dibayangkan, salah satu diantaranya adalah melakukan kegiatan-kegiatan yang bisa membangkitkan kembali kecintaan terhadap peradaban-peradaban Islam”, tuturnya.

Apresiasi dan respon positif juga disampaikan oleh Ketua Tim Pengembangan Pondok Pesantren dan Kesetaraan Kementerian Agama Sulawesi Selatan, H. Mujahid, S.Ag., M.Th.I.

Kegiatan ini levelnya luar biasa, ajang nasional dan bermanfaat. Dari temanya Improve Your Skills (kembangkan keterampilanmu), sebagai kata kunci and Build Islamic Civilization (dan bangun peradaban Islam) ini sudah sangat luar biasa”, jelasnya.

Ia berharap festival ini tidak hanya sampai disini, tetapi akan ada festival berikutnya, karena untuk membangun peradaban perlu adanya SDM yang bermutu dan itu dapat diwujudkan melalui ajang kompetisi semacam ini.

Penulis: Nur Winda


Posting Komentar

0 Komentar