Baru

6/recent/ticker-posts

Takdir yang Membawaku Berlabuh


Selalu ada kisah dan cerita dalam setiap kehidupan, baik yang telah engkau jalani saat ini ataupun kisah atau cerita yang masih tersimpan pada masa yang akan datang.

Selalu ada kejutan-kejutan yang tak terduga datang menghampiri pada diri setiap insan, kejutan-kejutan itu terkadang ada yang membahagiakan ataupun mengecewakan dan menyedihkan. Namun percayalah setiap hal yang kita rasakan pada kehidupan ini kuadratnya sudah ada yang atur.

Mengapa demikian?

Karena ini perkara takdir, takdir kehidupan pada masing-masing manusia. Tapi banyak dari mereka yang belum percaya akan takdir hidupnya sendiri, bahkan mulai putus asa dalam meraih takdir yang telah menjadi garis hidup pada diri manusia. Rasulullah SAW bersabda: “Bersemangatlah atas hal-hal yang bermanfaat bagimu. Minta tolonglah pada Allah, janganlah engkau lemah.” (HR. Muslim, No. 2664)

Allah SWT berfirman: “Mungkin kamu tidak menyukai sesuatu, padahal Allah menjadikan padanya kebaikan yang banyak.” (QS. An-Nisa 4:19). Bahwa pada dasarnya Allah SWT tidak akan pernah mengecewakan hamba-Nya. Segala takdir yang Allah SWT telah tetapkan memiliki sebuah hikmah dan pelajaran didalamnya. Semuanya tergantung dari sudut pandang kita yang menilainya.

Lagi-lagi kita harus percaya bahwa takdir Allah SWT adalah yang terbaik. Kita sebagai manusia tidak bisa memungkiri takdir yang telah digariskan oleh yang maha pencipta. Ia memiliki hak yang leluasa atas hidup setiap hamba-Nya. Perjalananmu dalam mengarungi kehidupan ini, memang terkadang terasa melelahkan, hanya saja dirimu perlu mengetahui satu hal bahwa, Allah tak akan memberikan sesuatu yang memang tidak digariskan untukmu.

Janganlah selalu merasa ketika Allah memberikan kita takdir yang sulit untuk dilakukan lantas kita langsung berprasangka buruk kepada Allah. Kita tahu banyak orang yang hebat diluar sana yang lahir dari sebuah kesulitan, namun mereka tidak lantas menyerah dan putus asa. Karena mereka yakin bahwa Allah tidak membebankan segala sesuatu kepada hambanya melainkan kerana kesanggupannya.

Akan tetapi jika memang itu adalah bagianmu maka, sepedih apapun usahamu akan terbalaskan dengan baik. Tidaklah mungkin Allah memberikan sesuatu yang pahit jika bukan hal manis yang menjadi penawarnya. Ingatlah selalu bahwa doa, ikhtiar dan sabar akan membawamu berlabuh pada takdir Allah SWT.

Penulis: Ayu Purnama Sari

Posting Komentar

2 Komentar